POPULAR STORIES

Komitmen Bridgestone Mendukung Industri Otomotif Nasional

Komitmen Bridgestone Mendukung Industri Otomotif Nasional Ban ramah lingkungan Bridgestone (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Bridgestone Indonesia Komitmen Dukung Industri Otomotif Nasional, menjadi satu-satunya merek ban yang mensupport pameran otomotif International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 16 - 26 Februari 2023. Mereka berada di hall kendaraan penumpang, keberadaannya cukup menarik perhatian pengunjung.

Ban-ban yang terpajang, memiliki kualitas baik, banyak di antara mereka melihat serta membeli langsung produk asal Jepang itu. Bridgestone mempermudah para pengunjung untuk memperoleh informasi menyeluruh terkait ban, dengan menempelkan features QR Code pada setiap ban bisa diakses melalui smartphone. Setelah diarahkan ke website resmi Bridgestone Indonesia.

Baca Juga: Jalankan E8 Commitment, Bridgestone Kembangkan Ban Ecopia Yang Ramah Lingkungan

Mereka dapat mengetahui informasi ukuran ban yang cocok untuk kendaraannya. Bridgestone memiliki visi, untuk memberikan kontribusi untuk masyarakat dan negara dengan menghadirkan produk yang ramah lingkungan untuk mengurangi emosi karbon dan melestarikan lingkungan.

Booth Bridgestone di IIMS 2023 (Foto: KabarOto)

Bridgestone pun komitmen, untuk tetap mendukung Industri otomotif nasional, salah satunya ikut serta dalam pameran otomotif, salah satunya IIMS ini.

“Dukungan kami untuk perkembangan industri otomotif Indonesia, tidak hanya dilakukan sebagai Official Tire Partner IIMS 2023, tetapi juga melalui berbagai kegiatan lainnya. Dukungan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan,” terang Mukiat Sutikno, Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, di booth Bridgestone, IIMS 2023.

Bridgestone juga menjadi ban yang digunakan pabrikan mobil (OEM), karena kualitasnya yang baik, dubuat dari bahan ramah lingkungan, namun awet saat digunakan.

Bridgestone menghadirkan ban untuk SUV, seperti Dueler M/T 674, Dueler A/T 697, Dueler H/T 684. Mereka juga hadirkan ban eco friendly, Ecopia EP150, serta Potenza S007A, Turanza T005A, dan Techno sports, Turanza T005A, dan Techno sports.

Pengembangan produk mengacu pada 3 faktor

Dalam setiap pengembangan produknya, Bridgesrone selalu mengacu pada tiga faktor, yaitu Environment, Safety atau keselamatan berkendara, dan Satisfaction atau kepuasan pelanggan. Dari sisi enviroment, pengembangan ban dengan teknogi Low Rolling Resitence (LRR) oleh Bridgestone menjadi salah satu solusi untuk membantu mengurangi emisi gas karbon kendaraan melalui efisiensi bahan bakar.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar pada kendaraan, pertama hambatan udara pada kendaraan, lalu hambatan akselerasi kendaraan, dan rolling resistance atau hambatan gulir.

"Faktor rolling resistance pada konsumsi bahan bakar kendaraan cukup besar, yaitu mencapai 23%," jelas Fisa Rizqiano, Head of Original Equipment (OE), Bridgestone Indonesia.

Menurutnya, jika faktor hambatan gulir pada kendaraan dapat dikurangi, maka otomatis konsumsi bahan bakar pun akan menjadi semakin efisien

Selanjutnya dari sisi keselamatan berkendara, bagi Bridgestone keselamatan selalu menjadi prioritas utama. Untuk itu, Bridgestone merancang produk bannya, untuk selalu mampu memiliki performa yang tinggi di berbagai situasi.

Baik itu performa di saat jalan basah baik itu dalam hal pengereman maupun pengendalian, performa dalam setiap kondisi pengereman, dan juga di saat ban mengalami kempis melalui teknologi run flat tire.

Sedang untuk sisi satisfaction, produk ban Bridgestone direkayasa untuk memberikan sensasi berkendara terbaik bagi pengemudi yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari kendaraan performa tinggi mereka. Ban Bridgestone dirancang untuk menghadirkan penanganan presisi dan kontrol maksimum.

Bridgestone Indonesia juga fokus menjalankan E8 Commitment, sebagai langkah untuk semakin mempercepat evolusi program sustainaiblity berbasis energi, ekologi efisiensi, eksistensi, ekonomi, emosi, kemudahan dan empowerment.

Baca Juga: Bridgestone Bocorkan Tiga Faktor Dalam Setiap Pengembangan Produk

Implementasinya, melalui pengembangan produk ramah lingkungan, yaitu ban Ecopia. Dirancang khusus menggunakan low rolling resistance (LRR), menghasilkan karet bundar dengan hambatan gulir rendah.

Resistansi gulir rendah, dirancang untuk mengurangi kehilangan energi saat ban menggelinding, sehingga akan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan dan mengurangi emisi gas karbon.

Tantangan dari pengembangannya adalah bagaimana secara kualitas sama, durabilitas dan safety sama, tetapi lebih enteng. Merek ban asal Jepang ini, juga tengah mengembangkan ban untuk kendaraan listrik, dan saat ini sudah digunakan mobil listrik buatan Eropa. Menggunakan teknologi Enliten, sehingga lebih ringan dari ban biasa, mampu menghasilkan hambatan gulir yang rendah.

Dalam pengembangannya, Bridgestone menekankan pada kualitas, durabilitas, dan keselamatan, sehingga ban Enliten dapat menjadi pilihan terbaik untuk kendaraan listrik masa depan.Selain menghadirkan produk berkualitas, Bridgestone juga menjalankan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Mereka menjalankan program pengelolaan sisa produksi ban, atau ban bekas pakai berbasis pemberdayaan masyarakat seperti proyek sosotan, serta aksi konservasi hutan mangrove dan pemberdayaan masyarakat dengan pembinaan produk olahan makanan di sekitar Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Bridgestone Hadir Di IIMS 2023, Umumkan Teknologi Ban Bernama Enliten

Fondasi program keberlanjutan di Bridgstone, pada dasarnya mengacu pada strategi lima pilar, yaitu carbon neutral, ekonomi sirkular, solusi dan inovasi produk, pemberdayaan komunitas, serta pola pikir dan budaya berkelanjutan.