Lotus Emira Jadi Babak Baru Sportscar Inggris

Lotus Emira Jadi Babak Baru Sportscar Inggris

KabarOto.com - Salah satu manufaktur sportscar asal Inggris, Lotus Cars, memperkenalkan racikan terbarunya andalkan mesin tengah Lotus Emira. Tak sungkan, diklaim terinspirasi dari hypercar Lotus Evija.

Para ahli mesin dan desain di Hethel, Norfolk, mengerahkan segala kemampuannya agar mengentalkan aura eksotik supercar di kelasnya. Dikembangkan dari Sports Car Architecture yang pernah dikabarkan Lotus.

Baca juga: Lotus E-R9, Mobil Balap F1 Masa Depan

"For the Dirvers" menjadi tema Lotus Emira agar punya kemampuan mantap saat melibas tikungan termasuk berakselerasi hingga melesat di kecepatan tinggi.

"Emira merupakan game-changer untuk Lotus. Punya daya tarik dalam berbagai hal agar punya peluang di segmennya," ujar Matt Windle, Managing Director, Lotus Cars.

Dirinya menambahkan, adanya Emira adalah tonggak sejarah yang sangat signifikan dalam perjalanan Lotus untuk menjadi merek mobil performa global yang sesungguhnya.



Oh iya, Sports Car Architecture di Emira ini dikemas memiliki jarak sumburoda 2.575 mm. Sedangkan dimensinya memiliki panjang 4.412 mm, lebar 1.895 mm dan tinggi 1.225 mm.

Bagi yang gemar mesin besar, sudah disiapkan 3.500 cc V6 racikan Toyota yang sudah teruji di Exige dan Evora. Mesin ini akan menjadi 'First Edition' Lotus Emira yang sedianya sudah ada di lantai diler paling cepat kuartal awal 2022.

Tak hanya mesin bensin V6 yang ditawarkan, namun ada mesin berkapasitas 2.000 cc empat silinder. Dan ini baru kali pertama bagi Lotus sematkan mesin kecil. Namun jangan dianggap remeh, merupakan hasil kurasi Lotus yakni racikan AMG.



Yup mesin turbocharger yang sudah teruji di banyak jajaran Mercedes-Benz. Tak banyak informasi spesifikasi yang dijabarkan oleh Lotus jelang peluncurannya kuartal kedua 2022.

Lotus hanya menyebutkan kedua mesin bisa melesatkan 0-100 kpj hanya perlu waktu 4,5 detik, kecepatan tertinggi torehkan 290 kpj. Hal tersebut berkat bobot hanya 1.405 kg. Rentang tenaga di antara 360-400 dk dan torsinya 430 Nm.

Pilihan transmisi ada manual, otomatis serta DCT. Akan disalurkan langsung ke roda belakang. Tak hanya urun rembuk soal mesin, AMG juga ikutan merancang sistem pasokan udara dan knalpot agar punya cita rasa sendiri khas Emira.



Pelek 20 inci rancangan khusus Lotus dipadukan ban Goodyear Eagle F1 Supersport atau bila ingin lebih lengket lagi Michelin Pilot Sport Cup 2 untuk konsumen yang memilih Lotus Drivers Pack.

Nah, saat di kabin akan tetap mendapat ciri khas mobil Inggris dengan tatanan kemewahan. Tetap ergonomis selama di kokpit dan minimalkan banyak sentuhan yang membingungkan, praktis lebih tepatnya. Posisi berkendara dan penumpang bisa disetel 12-way secara elektrik.



Di dasbor ada layar 10,25 inci dioperasikan secara sentuhan sebagai infotainment, sedangkan tepat di depan pengemudi ada layar TFT 12,3 inci. Didukung tatanan audio 10-channel lansiran KEF. Serta keterlibatan spesialis speaker Uni-Q, mampu hadirkan frekuensi audio terbaik selama di kabin.

Di balik jok tesedia ruang bagasi 208 liter. Sedangkan untuk bagasi tepat di belakang mesin tersedia 151 liter, bisa memuat koper bagasi pesawat atau satu set tas golf.

Fitur yang memudahkan pemiliknya adalah keyless go, cruise control, rain-sensing wipers, spion lipat elektrik, sensor parkir belakang, auto-dimming rear view mirror, airbags jendela, launch control, dan pelacak mobil ketika hilang.

Baca juga: Lotus Elise dan Exige Final Edition, Produksi Perpisahan

Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) tersedia pula di Emira diantaranya adaptive cruise control, anti-collision system, fatigue alert, road sign information, vehicle speed limiter, lane departure warning, rear cross traffic alert, dan lane change assist.

Harga juga cukup menggoda, £60.000 atau setara Rp 1,2 miliar. Lotus Emira isa ditengok langsung di Goodwood Festival of Speed yang digelar akhir pekan ini 8-11 Juli.