POPULAR STORIES

Penerapan Zero ODOL Akan Menguntungkan Pengguna Jalan

Penerapan Zero ODOL akan Menguntungkan Pengguna Jalan Truk bermuatan lebih (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Penerapan Zero Over Dimension Over Load (ODOL) untuk truk di jalan Indonesia masih menjadi polemik. Banyak pihak yang mendukung dan juga menentang. Hal itu membuat kebijakan menjadi abu-abu atau tidak jelas, dan saat ini masih banyak truk logistik bermuatan lebih berlalu lalang di jalan raya tol dan non tol.

Neni Kusnianti, Kepala Balai Perkerasan dan Lingkungan Jalan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, mengatakan, penerapan aturan Zero ODOL sebenarnya menguntungkan pengguna jalan.

Baca Juga: Menuju Indonesia Bebas ODOL, Polri Gelar Razia Di Tol Jakarta - Merak

Dalam tayangan Rapat Kerja Bidang Perhubungan Darat Tahun 2022, ia menuturkn, pengendalian muatan berlebih akan memberikan keuntungan kepada penyelenggara jalan dan masyarakat pengguna jalan.

Truk ODOL masih berkeliaran di jalan Tol (Foto: KabarOto)

“Usia rencana dari suatu struktur perkerasan tercapai, yang berarti penghematan anggaran atau penurunan biaya penanganan jalan,” terangnya. Untuk diketahui, kendaraan bermuatan lebih berkontribusi pada usia jalan. Desain konstruksi jalan, truk ODOL akan berdampak pada meningkatnya biaya pembangunan.

Selanjutnya menurut dia, peningkatan pelayanan jalan kepada masyarakat karena berkurangnya kemacetan, atau peningkatan waktu tempuh atau penurunan biaya pengguna jalan. "terdapat peningkatan terhadap tingkat keselataman jalan,” tambah dia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, sebelumnya memastikan, Zero ODOL akan tetap berlaku tahun 2023. "Target untuk Zero ODOL 2023 masih tetap berjalan, tidak ada kebijakan untuk memperpanjang Zero ODOL di 2023," terang Hendro belum lama ini.

Baca Juga: Sanksi Diperberat, Pelanggar Truk ODOL Bisa Dihukum Pidana

Dalam mewujudkan jalan raya bebas truk ODOL terus dilakukan, meski perlahan. Karena, truk muatan lebih ini menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.