POPULAR STORIES

Scania AXL Truk Tambang Konsep Terbaru Berteknologi Otonom

Scania AXL Truk Tambang Konsep Terbaru Berteknologi Otonom

KabarOto.com - Pabrikan truk dan alat berat asal Swedia, yaitu Scania, akan merilis truk terbarunya. Bukan sekedar truk yang beroperasi di jalan raya, melainkan sebuah truk tambang. Scania AXL adalah truk baru Scania, dipersiapkan oleh pihak pabrikan sebagai truk tangguh.

Bentuk truk Scania ini unik, tidak seperti truk tambang pada umumnya. Satu hal lagi yang sangat menarik perhatian adalah bagian depannya. Truk ini tidak memiliki ruang untuk pengemudi. Yap, truk ini adalah truk autonomous yang dapat berjalan sendiri tanpa pengemudi.

Baca juga: Scania Rilis Produk Truk Terbaru Seri NTG Untuk Indonesia

Secara tampilan truk tambang ini, memang terkesan aneh, berdesain unik. Scania memberi cukup banyak aksen di bagian depan, seperti garis yang menyerupai mata di samping. Truk ini di desain oleh Xavier Carreras Castro, merupakan pemimpin divisi desain Scania.

Truk berdesain unik ini memiliki 12 roda, dilengkapi dengan garis putih yang ternyata memegang peranan penting. Berfungsi sebagai sensor untuk mendeteksi kondisi sekitar truk, termasuk mendeteksi manusia.

Baca juga: Hadapi Trans Jawa, Scania Punya Program Menarik Untuk PO dan Jasa Logistic

Soal dapur pacunya, belum banyak informasi yang diberitahukan Scania. Namun, dapur pacunya akan menggunakan teknologi mesin diesel baru. Meskipun truk ini terlihat futuristis, Scania AXL ini tidak menggunakan mesin listrik.

Seperti yang dilansir dari Scania. Mesin diesel yang digunakan di kendaraan konsep ini, adalah sebuah contoh. Bagaimana teknologi tradisional dan teknologi baru dapat digabungkan. Mesin ini juga menggunakan bahan bakar terbarukan, yaitu biofuel, bahan bakar untuk mesin diesel yang lebih ramah lingkungan.

Scania AXL ini juga telah dilengkapi teknologi canggih, mengingat truk ini dapat berkendara sendiri. Terlebih truk ini bukan beroperasi di jalan aspal. Melainkan jalan off road di pertambangan.

Seperti yang dilansir dari TopGear. Scania AXL menggunakan kombinasi dari tujuh sistem kamera, tiga sistem sensor, dan sistem sinar laser. Perangkat-perangkat ini berfungsi untuk melakukan pemetaan. Terhadap lingkungan di sekitar kendaraan. Sehingga memungkinkan truk ini untuk bernavigasi dengan aman, dan melakukan tugasnya.

Bagaimana menurut anda? Apakah Scania AXL ini dapat menjadi masa depan dunia pertambangan? (Gregorius Nikolaus.P)