POPULAR STORIES

Tekan Angka Kecelakaan, Pemohon SIM Di Jawa Tengah Wajib Tes Psikologi

Tekan Angka Kecelakaan, Pemohon SIM di Jawa Tengah Wajib Tes Psikologi

KabarOto.com - Pemohon pembuatan maupun perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di Jawa Tengah kini wajib mengikuti tes psikologi. Peraturan ini dibuat berdasar UU No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia, UU No.22 Tahun 2009 tentang lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan Perkap No.9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Peraturan selanjutnya dari ST Kapolri No ST/213/I/YAN.1.1/2020 tentang Pemberlakuan Tes Psikologi bagi Seluruh Golongan SIM di Seluruh Jajaran Polda Jateng mulai 24 Februari 2020.

"Tes psikologi ini berlaku baik bagi pembuatan SIM baru maupun bagi perpanjang SIM dan juga untuk semua golongan SIM," jelas SIM Satlantas Polres Sukoharjo Aiptu Joko Priyanto.

Baca Juga: Smart SIM Sudah Diluncurkan, Warga Jawa Tengah Serbu Polres

Mungkin beberapa orang berpikir bahwa adanya peraturan tersebut semakin membuat kepemilikan SIM sulit. Namun tidak semata-mata mempersulit kepemilikan, peraturan ini malah dibuat untuk mengurangi angka kecelakaan. Seperti yang diketahui banyak kasus kecelakaan terjadi karena faktor human error atau kelalaian.

Sehingga, adanya peraturan ini diharapkan dapat memperkecil tingkat kecelakaan akibat kelalaian pengemudi.

Tes psikologi yang diselenggarakan oleh Polda Jawa Tengah ini dapat mengetahui tingkat emosi pemohon SIM. Tes psikologi akan memeriksa kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan menyesuaikan diri, dan stabilitas emosi.

Baca Juga: Korlantas Polri: Smart SIM Sudah Diterbitkan Di Ibu Kota Provinsi

"Tes psikologi ini juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, terutama yang disebabkan oleh faktor manusia karena adanya gangguan psikologi dari pengemudi," jelas Kasatlantas Pekalongan AKP Sutono.

Demi berjalan lancar dan akurat, Polda Jateng akan melibatkan profesional dari lembaga profesional psikolog atau tim psikolog profesional yang nantinya ditunjuk langsung.