POPULAR STORIES

Volvo Luncurkan Truk Heavy Duty FH Aero

Volvo Luncurkan Truk Heavy Duty FH Aero Volvo FH Aero/Foto: Volvo Trucks

KabarOto.com - Salah satu produsen truk dan bus terkemuka di dunia, Volvo resmi meluncurkan model truk tugas berat (heavy duty) terbaru yaitu, Volvo FH Aero yang menjadi keluarga baru dari lini truk Volvo FH Series.

Memiliki desain yang lebih aerodinamis dan fitur inovatif, Volvo FH Aero menawarkan efisiensi energi pada tingkat baru, yang tersedia dalam empat varian tenaga penggerak, termasuk gas, diesel dan juga baterai listrik.

Baca Juga: Mengenal Fitur Pintar VDS Pada Truk Volvo, Bisa Pakai Remote Control

“Volvo FH Aero baru adalah truk kami yang paling efisien karena kami terus mengurangi CO2 dari seluruh rangkaian produk kami,” ungkap Roger Alm, selaku Presiden Volvo Trucks mengutip keterangan resminya, Senin (05/02/2024).

Secara penampilan, Volvo FH Aero ini memiliki dimensi kabin yang telah diperpanjang hingga 24 cm dibandingkan Volvo FH biasa. Dimensi baru ini diklaim berperan penting dalam menciptakan kabin truk yang lebih aerodinamis.

Varian Volvo FH Aero/Foto: Volvo Trucks

Aerodinamika ini diklaim tidak hanya memberikan konsumsi bahan bakar lebih rendah, tetapi juga memberikan stabilitas berkendara yang lebih, baik dalam segala kondisi kondisi cuaca maupun jalan.

Wajah baru Volvo FH Aero, menampilkan gaya desain ‘Volvo Iron Mark’ yang berani, besar, dan mudah dikenali serta bergaya ‘Volvo Spread Word Mark’, menunjukkan, ini adalah model terbaru dari Volvo Trucks.

Baca Juga: Eksistensi Truk Volvo FH Selama 30 Tahun, Dominasi 80 Pasar Di Seluruh Dunia

Khusus varian baterai listrik atau FH Aero Electric, mendapat peningkatan aerodinamis, melalui sifat free-rolling yang lebih baik yang meningkatan regenerasi energi, untuk dimasukkan kembali ke dalam baterai saat melakukan pengereman.

Volvo FH Aero kini juga dibekali sistem monitor kamera terbaru yang lebih canggih, memberikan kontribusi besar terhadap aerodinamis dan keselamatan. Sekaligus menjadi solusi baru untuk menggantikan kaca spion konvensional.

Interior Volvo FH Aero/Foto: Volvo Trucks

Sistem kamera itu meningkatkan visibilitas pengemudi dalam berbagai kondisi, tertutama pada hujan dan gelap. Saat berkendara dengan trailer, sistem kamera tersebut memiliki fungsi panning otomatis yang mengikuti trailer yang berbelok.

Tak hanya itu, Volvo FH Aero juga mendapatkan sejumlah fitur yang ditingkatkan seperti teknologi I-See Volvo hingga sistem infotainment ramah pengguna yang ditingkatkan dan dapat dipersonalisasi tergantung kebutuhan pengemudi.

Baca Juga: Spesifikasi Hino 136 HDL 6x2, 'Mini Tronton' Pertama Di Indonesia

Truk ini juga mendapat peningkatan pada sistem rem yang diperbarui dengan cakram rem bebas hambatan yang dipatenkan langsung oleh pabrikan asal Swedia ini yang diklaim daat sekaligus mengurangi konsumsi energi dan emisi.

Selain itu, sistem navigasi baru juga turut ditawarkan dengan visual peta yang lebih baik dan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik truk, dengan pembaruan peta otomatis yang memungkinkan pengiriman barang muatan secara efisien.

Fitur Volvo FH Aero/Foto: Volvo Trucks

Sistem suara atau audio pun juga telah ditingkatkan, yang kini tersedia dengan enam speaker premium berkualitas tinggi lengkap dengan power amplifier baru, dan subwoofer yang menambah kekuatan besar pada pengalaman suara dalam kabin.

Truk Volvo FH Aero juga dilengkapi dengan fitur baru Tire Monitoring Service yang dapat memberi operator armada pandangan lengkap tentang truk dan trailer melalui Volvo Connect, sehingga mengurangi risiko biaya dan gangguan terkait masalah ban.

Baca Juga: Tiga Titik Area Blind Spot Truk Yang Wajib Diketahui

Di sisi lain, Volvo juga memperkenalkan fitur layanan baru berupa ‘Volvo Trucks My Business Apps’ yang dapat diunduh melalui smartphone dan digunakan di tampilan samping truk, sehingga memberikan manfaat pada waktu operasional dan penggunaan truk sehari-hari.

Dengan peningkatan aerodinamis dan teknologi baru seperti sistem monitor kamera baru, Volvo FH Aero diklaim dapat menghemat konsumsi energi dan emisi hingga 5%. “Ini adalah truk Volvo yang terbaik dan teraman serta berkualitas unggul untuk tugas berat jarak jauh,” ucap Roger.

Volvo FH Aero Electric/Foto: Volvo Trucks

Terlepas dari powertrain mana yang dipilih pelanggan, semua varian FH Aero baru akan mendapatkan keuntungan dari konsumsi energi yang lebih rendah, jangkauan yang lebih jauh, serta tingkat keselamatan dan pengalaman berkendara yang unggul.

Sayangnya, pabrikan truk asal Swedia ini masih belum mengungkapkan spesifikasi terkait performa yang ditawarkan oleh masing-masin powertrain. Namun, jika dilihat dari model-model lainnya, Volvo FH Series terkenal dengan performanya yang tangguh.

Baca Juga: Intip Kecanggihan Sasis Bus Scania K410CB 6x2

Bahkan, salah satu truk Volvo FH Series yaitu FH16 dinobatkan sebagai salah satu truk dengan tenaga terbesar di dunia berkat mesin diesel D17 berkapasitas 17.300 cc bertenaga 780 dk di putaran 1.700 rpm dengan torsi 3.800 nm di putaran 1.008-1.400 rpm.

Volvo mengungkapkan bahwa truk Volvo FH Aero ini akan segera diluncurkan dan dipasarkan secara bertahap pada periode tahun 2024-2025 dalam empat varian mulai dari FH Aero (Diesel), FH Aero Electric (Listrik), FH Aero bertenaga gas (Gas), dan FH16 Aero (Diesel).