POPULAR STORIES

Antisipasi Kepadatan Lalu Liintas, Kemenhub Batasi Kendaraan Angkutan Barang

Antisipasi Kepadatan Lalu Liintas, Kemenhub Batasi Kendaraan Angkutan Barang Truk gandeng akan dibatasi untuk melintas di jalan tol

KabarOto.com - Momen libur Idul Adha dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Jabodetabek untuk pergi ke luar kota, menggunakan kendaraan roda empat, melintasi beberapa ruas tol tertentu. Mengantsisipasi kepadatan arus lalu lintas, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemehub) bersama Korlantas Polri akan membatasi operasional kendaraan angkutan barang pada masa libur.

Aturan ini berlaku mulai hari ini, Rabu (27/06/2023) pukul 16.00 WIB. Aturan pembatasan operasional angkutan barang ini tertuang dalam Keputusan Bersama Nomor: KP-DRJD 4583 Tahun 2023 dan SKB/89/VI/2023, Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Selama Masa Libur Panjang Memperingati Hari Raya Idul Adha Tahun 2023.

Baca Juga: Pembatasan Angkutan Barang Selama Libur Nataru Dimulai Hari Ini

"Kami akan mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada ruas jalan tol dan non tol, selama masa libur panjang memperingati Idul Adha tahun 2023," jelas Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, melalui keterangan resminya.

Truk bermuatan tanah melintas di jalan tol (Foto: KabarOto)

Aturan pembatasan operasional truk barang ini, berlaku untuk Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 (empat belas ribu) kilogram (Kg), mobil barang sumbu 3 (tiga) atau lebih.

Kemudian untuk mobil barang dengan kereta tempelan dan gandengan, atau yang digunakan untuk mengangkut hasil galian, seperti tanah, pasir dan/atau batu, hasil tambang, bahan bangunan.

Baca Juga: Mulai 22 Desember, Angkutan Barang Dibatasi Melintas Kawasan Puncak

Jadwal pembatasan dimulai pada 27 Juni 2023 pukul 16.00 WIB sampai 24.00 WIB. Lalu dilanjutkan 28 Juni 2023 pukul 06.00 WIB sampai 13.00 WIB. "Kami akan mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada ruas jalan tol dan non tol selama masa libur panjang memperingati Idul Adha Tahun 2023," tambah Hendro Sugiatno.