BMW Indonesia Segera Luncurkan Z4 Tahun Ini

BMW Indonesia Segera Luncurkan Z4 Tahun ini Foto: bmw

KabarOto.com – Pada acara peluncuran BMW X4, 7 Februari lalu, pihak BMW Group Indonesia sudah meresmikan bahwa akan segera memasukkan salah satu mobil yang cukup legendarisnya yaitu BMW Z4.

Hal tersebut ditegaskan oleh Jodie O’tania selaku Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia, “Sebuah roadster bukanlah kendaraan yang dibutuhkan oleh setiap orang, namun kendaraan yang diinginkan, ini adalah mobil impian. Terlihat dari desain roadster ini,” ujarnya.

Baca juga: Profil - BMW M2 Competition, Ini Dia Harga Dan Spesifikasi Terlengkapnya!

Mobil dengan bentuk roadster ini memang cukup ikonik dengan kap mesin panjang dan garis bodi dinamis, yang membuat bentuknya sangat sporti.

BMW Z4 M40i memiliki garis bodi yang berbeda dari sebelumnya. Lekukan pada bumper depan sudah mengikuti garis bodi seperti BMW baru lainnya, dengan lekukan tegas dan lubang udara besar. Z4 ini tidak memiliki fog lamp sama sekali. Penerangan cukup dibantu dengan lampu utama LED dan juga DRL LED.

Lalu untuk bagian gril, tentu saja masih mengusung kidney grille berukuran lebih besar ketimbang model sebelumnya, dengan motif honeycomb, yang memungkinkan untuk memasok udara lebih ke ruang mesin.

Yang unik dari garis bodi Z4 baru ini adalah, bagian sepatbornya menyatu dengan kap mesin, lalu bagian lubang udara samping garisnya menyatu sampai ke belakang. Handle pintunya menggunakan model Tarik, dengan lampu sein yang berada di spion.

Pelek yang digunakan memiliki desain yang sporti, model palang 5 berukuran 18 inci. Lebarnya belang 8 inci untuk depan dan 9 inci untuk belakang. Dibalut ban berukuran 225/45 depan dan 255/40 belakang.

Baca juga: Intip Keunggulan Mini Countryman Rakitan Lokal

Saat melihat bagian belakangnya, kita akan menemui lampu rem baru yang modelnya menyipit dan garis bumper yang lebih sederhana. Namun desain ini tetap terkesan dinamis, dengan penambahan mata kucing sebagai penanda. Selain itu ada penambahan diffuser yang memiliki finishing dual muffler.

Mesinnya juga cukup bertenaga, menggunakan 4 silinder segaris, TwinPower Turbo, 16 valve berkapasitas 2.000 cc. Hasilnya tenaga puncak sebesar 255 dk, yang disalurkan ke transmisi 8 percepatan Sport Automatic ke roda belakang.

Memasuki kabin Z4, dari foto yang sudah beredar sebelumnya, kemungkinan Z4 ini akan didominasi warna hitam dan merah bata berbahan kulit. Warna hitam bisa ditemui pada panel-panel dasbor dan bagian panel persneling. Sementara warna merah bata dapat kita temui pada bagian jok yang sudah bucket dengan pengaturan elektrik, arm rest tengah dan pada panel pintu.

Sama seperti jajaran line up BMW baru lainnya, Z4 sudah dilengkapi AC Digital dual zone, pengaturan OS iDrive 7.0 dan layar entertainment 10,25 inci yang sudah support Apple CarPlay. Tidak sampai di sana, terdapat setir garapan M performance yang sudah berbalut kulit, lengkap dengan paddle shift dan audio steering switch. Di belakang setir, terdapat spidometer yang sudah menggunakan layar MID full colour berukuran 12,3 inci.

Fitur keselamatan juga lengkap untuk mobil yang muat 2 penumpang ini, seperti 4 airbag, rem besar dari M Performance, ABS, EBD, Cornering Brake Control (CBC), Anti-theft alarm system, kameran parkir, Rollover Protection System, safety-belt pretensioners, stabilizer bar depan dan belakang dan masih banyak lagi.

Harganya, BMW Group Indonesia belum memberikan informasi soal itu, namun jika melihat harganya di luar negeri, Z4 dibanderol US$49.700 atau sekitar Rp 695 juta.

Jadi tidak sabar menunggu roadster tersebut mengaspal di Indonesia nih. Kita tunggu saja peluncurannya. (Deddy Darmanto)

Baca juga: Tahu Active Airstream Kidney Grille? Gril BMW Yang Bisa Terbuka Sendiri Loh