POPULAR STORIES

Kenali Fungsi Komponen Busi

Kenali Fungsi Komponen Busi NGK Indonesia

KabarOto.com - Sobat Kabaroto pengguna kendaraan roda dua pasti sudah tidak asing dengan busi, salah satu komponen penting dalam sistem perapian motor. Kalau busi tidak ada masalah pasti kendaraan juga lebih nyaman digunakan.

Jika busi rusak maka sistem perapian tidak akan bekerja sempurna. Nah, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan fungsi komponen busi, antara lain:

1. Terminal
Komponen busi motor yang pertama adalah terminal. Terminal terbuat dari bahan bahan besi yang letaknya ada di bagian pucuk busi dengan ignition. Komponen ini terhubung dengan kabel bertegangan tinggi yang mengalirkan listrik dari koil.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Memasang Busi Sampai Mentok

2. Insulator
Saat ini hampir semua busi yang ada dipasaran memakai material keramik sebagai bahan dari insulator. Fungsi dari insulator ini adalah untuk memindahkan panas menuju ke kepala silinder. Bagian inilah yang terbuat dari keramik.

Bagian tersebut berfungsi untuk membuat batang terminal dan elektroda tengah di cangkang besi menjadi terisolasi. Sehingga arus tinggi dari elektroda tidak akan keluar.

Baca Juga: Pasang Busi Jangan Terlalu Kencang, Perhatikan Hal Ini

3. Ribs
Berfungsi untuk mencegah arus listrik jadi merambat keluar komponen mesin yang bisa sebagai massa (negative). Bentuk Ribs menggelombang atau memiliki lekuk yang bisa membuat jarak dari elektroda inti dan ground semakin jauh. Jika jarak semakin jauh maka hambatan inti besi dan ground akan makin besar.

NGK Indonesia

4. Insulator Tip
Bagian ini akan mengalami pembakaran di ruang bakar sehingga membutuhkan material yang tahan temperatur tinggi. Insulator tip juga bagian paling ujung di insulator yang bisa menahan temperature 650 derajat dan menahan tegangan hingga 60.000 V.

5. Gasket
Gasket berfungsi sebagai penutup agar tidak terjadi kompresi di ruang bakar, sehingga tidak mengalir keluar.

Baca Juga: Pahami Betul Cara Merawat Busi Kendaraan Secara Tepat

6. Metal Case
Bagian ini berfungsi sebagai penghantar daya panas. Fungsi lainnya adalah sebagai pengunci busi ke silinder head.

7. Inti Elektroda
Sebagai inti elektroda, bagian ini berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dan akan terhubung ke terminal. Bagian ini terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel dan logam-logam lainnya. Tapi yang paling umum digunakan adalah tembaga.

Baca Juga: Busi Motor Ini Katanya Dibekali Teknologi Baru, Apa Benar?

8. Ground
Bagian ini terletak di ujung busi motor yang langsung bersentuhan dengan bodi atau ground motor. Arus listrik akan berpindah ke inti elektroda melalui bagian ini. Selain itu, api koil juga berakhir di bagian ini.