POPULAR STORIES

Muncul Bunyi Berdecit Saat Mobil Dinyalakan, Waspada Fan Belt Putus

Muncul Bunyi Berdecit Saat Mobil Dinyalakan, Waspada Fan Belt Putus Posisi fan belt ada di area mesin (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Fan belt merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil. Fungsinya cukup vital dalam meneruskan putaran ke puli dan kinerja komponen lainnya.

Perangkat ini terbuat dari karet tahan panas ini menjadi penghubung ke sejumlah komponen, ketika mesin mobil dinyalakan. Di mana, komponen yang terhubung adalah Alternator, power steering, kelistrikan dan AC.

Komponen yang berada tepat di depan mesin dan di balik radiator ini harus di cek, untuk memastikan kondisinya bagus saat digunakan. Sebab, fan belt yang kondisinya sudah aus dan tidak segera diganti, akan berisiko menyebabkan masalah jika nantinya putus saat mobil melaju.

Baca Juga: Mau Membeli Mobil Tua? Begini Tips Memilihnya

Karet fan belt tahan panas

Menurut keterangan Muksin, seorang mekanik bengkel mobil di Depok menjelaskan bahwa fan belt memiliki fungsi yang cukup penting.

"Fan belt memutar pompa air, kipas, alternator, kompresor AC hingga power steering. Kalau putus, indikatornya aki di spidometer akan menyala, dan alternator yang mengisi tegangan listrik," jelasnya.

Selain itu, Muksin juga menjelaskan jika fan belt putus bisa menyebabkan mesin panas berlebih. Sebab, akan perpengaruh pada kinerja pompa air yang berfungsi mengatur putaran air pada radiator untuk menjaga kondisi panas mesin.

"Jika itu terjadi, pompa air atau water pump mesin bisa mengalami overheat," ungkap Muksin.

Baca Juga: Ini Tips Dari Suzuki Untuk Cuci Mobil Kesayangan Di Rumah

penggantian fan belt pada mobil

Sebagai informasi, fan belt memiliki usia pakai yang cukup lama. Meskipun begitu, perangkat ini juga perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk mencegah putus saat digunakan.

"Biasanya bisa digunakan hingga 100.000 km, tapi perlu diperiksa saja, bisa dilihat dari fisiknya. Kalau sudah getas atau retak pada bagiannya, sebaiknya diganti.

Selain itu, jika ada bunyi berdecit saat mesin dihidupkan, biasanya fan belt sudah aus.