POPULAR STORIES

Profil All-New Volvo VNL, Truk Modern Khusus Pasar AS

Profil All-New Volvo VNL, Truk Modern Khusus Pasar AS All New Volvo VNL beserta variannya (Foto: Volvo Trucks)

KabarOto.com - Salah satu produsen truk terkemuka asal Swedia yaitu, Volvo Trucks telah meluncurkan model truk tugas berat (heavy duty) Volvo VNL terbaru yang menetapkan standar industri baru dalam angkutan truk heavy duty, khususnya di pasar Amerika Serikat.

Volvo VNL terbaru ini hadir dalam 6 varian mulai dari VNL 300 Day Cab, VNL 440, VNL 640, VNL 660, VNL 840, dan VNL 860 yang masing-masing dapat dibedakan dalam ukuran kabin.

Baca Juga: Volvo Luncurkan Truk Heavy Duty FH Aero

Peter Voorhoeve selaku Presiden Volvo Trucks Amerika Utara (VTNA) mengatakan, bahwa truk Volvo VNL terbaru ini merupakan sebuah lompatan besar untuk menuju ke era keberlanjutan, dan tuntutan transportasi di masa depan.

“Kami meluncurkan All New Volvo VNL ke pasar, kami sangat bersemangat untuk kembali memperkenalkan inovasi yang akan membentuk masa depan industri transportasi di tahun-tahun mendatang,” ujarnya mengutip siaran resminya, Kamis (29/09).

All New Volvo VNL 860 (Foto: Volvo Trucks)

Volvo VNL baru ini dirancang untuk memenuhi tantangan dan permintaan pasar Amerika Serikat. Dimana, truk ini hadir dengan sejumlah penyempurnaan untuk meningkatkan nilai total pelanggan, produktivitas pengemudi, keselamatan, dan keberlanjutan.

Volvo VNL baru memiliki fitur aerodinamis yang luar biasa dan dirancang untuk mencapai peningkatan efisiensi bahan bakar hingga 10% berkat desain kabin yang ramping dan lebih bersudut serta dilengkapi dengan desain kaca depan baru yang lebih modern.

Baca Juga: Mengenal Fitur Pintar VDS Pada Truk Volvo, Bisa Pakai Remote Control

Soal interior, Volvo Trucks mengevaluasi setiap detail pengalaman pengemudi, mulai dari pemilihan material yang memberikan tampilan dan nuansa premium, hingga mendefinisikan ulang pencahayaan kabin dan mengoptimalkan penyimpanan untuk menciptakan pengalaman “serasa di rumah sendiri” bagi pengemudi.

Selain itu, Volvo VNL baru dilengkapi dengan fasilitas yang baru diperkenalkan atau ditingkatkan secara signifikan, termasuk tempat tidur lipat opsional untuk memudahkan akses ke ruang makan yang hadir khusus untuk versi long cabin.

Interior truk All New Volvo VNL (Foto: Volvo Trucks)

Truk ini juga difasilitasi dengan panel kontrol multi-fungsi tunggal di bagian belakang kabin, insulasi yang ditingkatkan untuk pengatur suhu dan pengurangan kebisingan, kulkas yang lebih besar, dan pilihan daya yang cukup untuk mendukung perangkat apa pun.

Selain itu, kabin truk ini juga sudah disematkan dengan fitur Volvo Parking Cooler yang meruapan merupakan opsi pengatur suhu yang memanfaatkan sistem baterai 24V yang terpasang untuk memberi daya pada HVAC kabin saat parkir.

Baca Juga: Eksistensi Truk Volvo FH Selama 30 Tahun, Dominasi 80 Pasar Di Seluruh Dunia

Para insinyur Volvo Trucks juga melakukan perbaikan signifikan terhadap powertrain yang sudah terdepan di kelasnya dengan memasok mesin D13 generasi terbaru yang memberikan peningkatan efisiensi bahan bakar, kinerja, dan daya tahan.

Mesin D13 itu tersedia dalam empat pilihan tenaga yang berkisar antara 405-500 dk dan tiga pilihan torsi 2.372-2.643 Nm. Opsi daya ini menggabungkan transmisi I-Shift yang ditingkatkan dan dioptimalkan, yang menghadirkan kecepatan perpindahan gigi hingga 30% lebih cepat.

Mesin D13 All New Volvo VNL (Foto: Volvo Trucks)

Ketika dikombinasikan dengan solusi powertrain I-Torque, mesin D13, 6-silinder segaris berkapasitas 13.000 cc ini dapat menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih besar, keserbagunaan terbaik di kelasnya, dan kemampuan berkendara yang mumpuni.

Tak hanya memiliki performa yang tangguh, truk Volvo VNL terbaru ini juga telah dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan pengemudi dalam mengoptimalkan kenyamanan, efisiensi, dan keselamatan saat bekerja, tinggal, dan beristirahat.

Baca Juga: Intip Kecanggihan Sasis Bus Scania K410CB 6x2

Truk bermesin depan ini menggunakan sistem suspensi udara baru, GRAS (Global Rear Air Suspension), yang diklaim dapat meningkatkan stabilitas dan meminimalkan guncangan, serta mempertahankan ketinggian pengendaraan yang konstan.

Sistem GRAS ini juga terintegrasi dengan Volvo Smart Suspension yang dirancang untuk memudahkan pengiriman karena pengemudi diberikan tiga pengaturan berbeda untuk menyesuaikan suspensi pada kondisi bongkar muat yang berbeda.

Fitur All New Volvo VNL (Foto: Volvo Trucks)

Seperti pada truk-truk Volvo lainnya, keselamatan ada dalam setiap DNA Volvo Trucks, dan para insinyur telah berfokus pada sejumlah fitur keselamatan aktif dan pasif yang baru dan lebih baik untuk melanjutkan perjalanan perusahaan menuju zero-accident.

Berbagai sistem keselamatan aktif terdepan di kelasnya yang ditawarkan pada Volvo VNL baru, termasuk Volvo Active Driver Assist Plus dengan Pilot Assist yang menyediakan pemusatan jalur aktif serta meningkatkan kemampuan manuver di semua kecepatan.

Baca Juga: Profil Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4, Penakluk Medan Tambang

Sementara salah satu sistem keselamatan pasif terdepan di kelasnya yang ditawarkan pada Volvo VNL baru ini mencakup kaca depan yang terikat dan terbungkus yang memberikan pemandangan panorama serta meningkatkan stabilitas di semua kecepatan jalan.

Kabin Volvo VNL baru juga dirancang sesuai dengan standar uji tabrak terdepan Volvo Trucks dan akan menawarkan airbag yang hampir tersedia di semua sisi titik rawan kecelakaan, sehingga Volvo VNL disebut menjadi yang pertama di industri truk AS.

All New Volvo VNL 840 (Foto: Volvo Trucks)

Volvo VNL juga dibekali dengan fitur E-Call, yang menjadi fitur keselamatan baru yang menghubungkan pengemudi ke layanan darurat di mana konektivitas seluler tersedia dan memberikan rincian lokasi yang tepat dan terjadi secara otomatis jika terjadi kecelakaan.

Volvo VNL baru akan menjadi platform untuk semua teknologi yang akan datang, termasuk solusi transportasi masa depan berupa baterai-listrik, sel bahan bakar, dan mesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar terbarukan termasuk hidrogen.

Baca Juga: Mengenal Fitur ABS Pada Truk Dan Bus, Begini Cara Kerjanya

Pihak Volvo juga mengklaim bahwa infrastruktur listrik 24V pertama di industri truk Amerika Utara dan fitur keselamatan aktif yang diperkenalkan pada truk Volvo generasi baru ini akan menjadi standar komersialisasi truk otonom penuh di masa depan.

Volvo VNL baru merupakan bagian integral dari visi Volvo Trucks menuju nol emisi dan nol kecelakaan. Penjualan truk ini akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang dengan produksi di Pabrik Volvo Trucks New River Valley di Dublin, Virginia, Amerika Serikat.

Berita Terkait

Berita Terkait