POPULAR STORIES

Scania Perkenalkan Bus Anyar Di GIICOMVEC 2020

Scania Perkenalkan Bus Anyar di GIICOMVEC 2020 Scania K250IB-4x2 (KO/Edo)

KabarOto.com - Turut serta dalam pameran otomotif khusus kendaraan komersial, Gaikindo Indonesia International Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, United Tractors sebagai distributor tunggal Scania di Indonesia menghadirkan produk teranyar.

Loudy I. Ellias selaku Marketing Director of PT United Tractors Tbk mengatakan, produk ini merupakan model yang benar-benar baru, dan menggunakan nama K250IB-4x2.

Baca Juga: Pembatasan Truk ODOL Ditunda, Ini Tanggapan UD Trucks

"Bus ini merupakan produk anyar, kita belum pernah produksi (tipe ini) sebelumnya dan pertama kali kita tampilkan dalam ajang ini," kata Loudy.

Untuk armada TransJakarta

Dari tampilannya, bus asal Swedia ini ditujukan untuk kendaraan angkutan TransJakarta, karena hadir dalam balutan warna biru yang khas. Bus tersebut dibekali mesin 9.000 cc (9 Liters) DC9 114.

Dapur pacu berbahan bakar diesel tersebut, mampu menghasilkan tenaga sebesar 250 dk pada 1.900 rpm dan torsi mencapai 1.250 Nm pada 1.000-1.350 rpm. Tenaga itu, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis.

Mesin 5 silinder segaris turbo 9.000 cc

Menariknya, mesin 5 silinder segaris dengan turbocharger, milik K250IB-4x2 mampu menenggak solar jenis B30 yang baru saja diluncurkan oleh Pertamina.

Dari segi keamanan, bus Scania ini memiliki sistem pengereman andal berupa Anti-lock dan Electronic Braking System (ABS/ EBS).

"Sedangkan untuk kenyamanan, Scania menggunakan suspensi udara terbaik di kelasnya," tutur Loudy saat ditemui KabarOto.

Baca Juga: Kenali Jenis-jenis Ban Off-road

Saat ini, pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan pihak TransJakarta mengenai jumlah unit yang akan dipesan. Scania menargetkan, dapat menjual bus tersebut hingga 100 unit tahun ini.

Ruang kemudi

Meski begitu, Loudy mengaku pihaknya belum menentukan harga jual dari bus tersebut. "Kita masih kalkulasi karena bus ini masih baru, harusnya bisa kompetitif," pungkas Loudy.