Ternyata Busi Bisa Bersihkan Diri Dari Karbon, Begini Caranya

Ternyata Busi Bisa Bersihkan Diri dari Karbon, Begini Caranya

KabarOto.com - Busi merupakan sistem pengapian yang diperlukan oleh seluruh kendaraan bermotor. Kehadiran busi ini tak boleh disepelekan, perlu ada perawatan yang maksimal agar kondisinya tetap terjaga, dan menjalankan seluruh komponen yang ada di kendaraan.

Busi ini fungsinya memercikkan bunga api, kemudian membakar campuran udara atau bahan bakar. Oleh karena itu, kondisi busi menjadi kotor dipenuhi karbon dan kotoran, perlu dibersihkan secara rutin.

Baca Juga: Kenali Bahaya Karbon Yang Menutupi Busi Motor

Berkat desain dan material baru, juga didukung teknologi modern, saat ini busi bisa membersihkan diri sendiri (Self Cleaning). Salah satu teknologi yang disematkan Thermo Edge Design, yang bisa membersihkan karbon saat terjadi percikan. NGK punya teknologi ini di jajaran busi-businya.

Lalu bagaimana bisa busi membersihkan diri sendiri? Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia mengatakan, saat busi digunakan ada penumpukan kerak di ujung busi.

Teknologi Thermo Edge Design ini saat ada aliran listrik masuk dari koil, menghasilkan kerak yang menumpuk tersebut akan terurai. "Busi otomatis dapat kembali bersih saat aktif digunakan," terang Diko kepada KabarOto.com beberapa waktu lalu.

Karena pada prinsipnya, menurut Diko busi itu memiliki sifat self cleaning. Namun teknologi tersebut, bisa bekerja maksimal jika ruang bakar dalam keadaan baik, serta saat mesin bekerja pada suhu temperatur yang optimal.

Busi yang ada di kendaraan baik mobil dan motor membersihkan diri sendiri dari tumpukan karbon, bekerja saat mesin sudah mencapai suhu 500 derajat celcius sampai 800 derajat celcius, dengan kecepatan kecepatan 60 – 100 kpj konstan selama 10 sampai 15 menit.

Saat suhu mesin tinggi, kerak karbon akan rontok dengan sendirinya. "Sesekali, mobil dan motor itu harus digeber. Biasanya mekanik yang servis geber mesin saat posisi diam," terang Diko.

Hal itu pun dinyatakan oleh Pian, mekanik Kawasaki Junior Produk. Menurutnya, busi sekarang ini bisa bersihkan karbon sendiri. "Ya kita mesti geber mesin motor sesekali, biar karbon rontok," terang Pian, di bengkelnya, kawasan, Pamulag, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Bikers Wajib Tahu, Cara Merawat Busi Motor Agar Awet

Perlu diketahui, ada 3 elemen penting untuk menghasilkan pembakaran sempurna. Di antaranya pencampuran bahan bakar dengan udara yang pas, timing kerja busi dalam menghasilkan kualitas atau percikan listrik, juga ruang bakar yang sehat.