Gunakan Taksi, PMI Antar Jemput Pendonor Plasma Konvalesen Untuk Pasien Covid-19

Gunakan Taksi, PMI Antar Jemput Pendonor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19 Pelepasan armada penjemputan pendonor Plasma

KabarOto.com - Plasma konvalesen sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19 dengan gejala berat. Plasma konvalesen merupakan plasma yang diambil dari pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sementara itu, Plasma adalah bagian dari darah yang mengandung antibodi.

Masyarakat yang sudah sembuh dari Covid-19 diyakini sudah memiliki antibodi untuk melawan virus mematikan tersebut. Kini Plasma konvalesen tersebut sangat dibutuhkan dan dicari oleh pasien Covid-19 di berbagai daerah.

Dalam rangka mempermudah pendonor plasma tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan Bluebird Group, menyediakan jemput-antar donor plasma konvalesen secara gratis.

Baca Juga: Goldenbird, Taksi Khusus Layani Pasien Covid-19

Kerjasama antara Bulebird dan PMI

Layanan kemanusiaan ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan plasma konvalesen yang mengalami peningkatan permintaan dalam beberapa pekan ini. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla pun sudah melepas beberapa armada untuk jemput-antar donor plasma konvalesen di area Gudang Darurat Covid-19, Jakarta Selatan, Senin (12/7/2021).

Mantan Wakil Presiden ini berharap, kemudahan yang diberikan tersebut, penyintas covid-19 dapat terlayani secara maksimal untuk mendonorkan plasma darahnya. "Kami sudah berupaya secara maksimal untuk mendistribusikan plasma konvalesen," terangnya.

Namun permasalahan yang dihadapi PMI saat ini jumlah penyintas yang mendonor sedikit, sementara permintaannya saat ini tinggi sekali. "Di DKI saja daftar tunggunya mencapai ribuan," terang JK.

Layanan jemput bola ini pendonor diantar fasilitas plasma konvalesen PMI, kemudian mereka akan diantar kembali. "Nanti mekanismenya diatur," tambah JK.

Sementara itu, Direktur PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono menambahkan, kerja sama dengan PMI merupakan bentuk dari tanggung jawab sosial korporasi.

Baca Juga: Ventilator Buatan Mercedes Bantu Banyak Pasien Covid-19

Sebagai pihak swasta, Bluebird berkomitmen memberikan kontribusi dalam percepatan penanggulangan pandemi covid-19.

Pihaknya menurut Sigit, sangat antusias atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bluebird Group, sebagai mitra layanan transportasi dari PMI bagi para pendonor plasma konvalesen, termasuk bagi masyarakat yang tidak mampu.