POPULAR STORIES

Begini Tampilan Rangka ESAF Setelah Di Cat Ulang

Begini Tampilan Rangka eSAF Setelah di Cat Ulang Rangka eSAF Honda Beat sudah di cat ulang (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Salah satu solusi mencegah rangka eSAF pada sepeda motor Honda adalah dengan cara pengecatan ulang rangka. Pasalnya, cat bawaan dari Honda memiliki lapisan yang tipis.

Menurut keterangan bengkel cat JK Motoworks menjelaskan, bahwa setelah kedatangan konsumen yang membawa motor Honda dengan rangka eSAF, terlihat lapisan cat pada rangkanya itu terlalu tipis.

"Setelah kami bongkar, terlihat banyak karat dan lapisan catnya itu tipis sekali. Kita coba pakai ampelas halus, dasarnya sudah kelihatan. Tidak ada lapisan lagi, cuma satu layer gitu," ungkap Yuka Farresto, pemilik JK Motoworks.

Baca Juga: Karat Di Rangka ESAF Honda Muncul Gegara Lapisan Cat Terlalu Tipis?

Rangka eSAF sebelum di cat ulang

Setelah di cat ulang, rangka Honda Beat terlihat memiliki lapisan cat yang lebih mengkilap dan lebih tebal.

"Kalau sudah di cat ulang rangka eSAF terlihat lebih tebal dan mengkilap ya, sebelumnya itu tipis, kaya cuma satu lapisan gitu," ungkap Ebi salah satu punggawa JK Motoworks.

Menurutnya, sebelum di cat ulang itu lapisannya terlalu tipis, jadi rawan untuk tergores. "Gampang lecet di beberapa bagian yang bersentuhan dengan besi," jelas Ebi.

Baca Juga: Tarif Cat Rangka ESAF Karatan Di JK Motoworks, Honda Beat Rp 1,3 Juta

Depan sudah di cat ulang, belakang sebelum di cat

Pengecatan rangka eSAF ini bertujuan untuk mencegah karat pada bagian yang terkena las, penggunaannya jadi lebih tahan lama.

"Rangka yang sudah di cat ulang bisa jadi lebih kuat dan terhindar dari karat. Ada juga konsumen yang minta untuk dilubangi di bagian bawah, agar sirkulasi air jadi lebih lancar," tutup Ebi.

Adapun, proses pengecatan rangka motor itu sebaiknya dilakukan dalam beberapa tahap. Awalnya hilangkan dulu cat bawaan, kemudian dikasih lapisan anti-karat barengan dengan epoxy, berupa cairan khusus untuk anti-karat. Proses pengeringan epoxy itu memakan waktu 24 jam, beda dengan epoxy bodi yang hanya 1 jam langsung kering. Tidak perlu dioven tapi didiamkan saja.