Toyota Mirai Cetak Rekor Dunia, Jalan 1.360 Km Sekali Isi Hidrogen

Toyota Mirai Cetak Rekor Dunia, Jalan 1.360 Km Sekali Isi Hidrogen

KabarOto.com - Toyota Mirai baru mendapatkan titel dari Guinness World Records untuk jarak terjauh yang ditempuh oleh kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen tanpa pengisian kembali. Mobil bertenaga hidrogen pertama Toyota itu berhasil melakukan perjalanan sejauh 845 mil atau 1.360 km di California pada bulan Agustus lalu.

Perjalanan yang berlangsung selama dua hari mulai dari 23-24 Agustus. Tangki hanya diisi sekali, pada awal perjalanan, yang memakan waktu lima menit. Begitu juga ada peran Juri Guinness World Records, Michael Empric untuk mengkonfirmasi bahwa tangki pengisian Mirai tidak pernah dibuka selama perjalanan.

Baca juga: Toyota Corolla Altis Nurburgring Edition Hadir Di Thailand

Dimulai dari Toyota Technical Center di Gardena, California dengan hypermiler profesional, Wayne Gerdes sebagai pengemudi dan co-pilot, Bob Winger di kursi penumpang. Perjalanan hari pertama berhasil mencatat jarak 761 km dari titik awal, mengarah ke selatan ke San Ysidro, lalu kembali ke utara melalui Santa Monica dan Malibu di sepanjang Pacific Coast Highway sebelum kembali ke Gardena.

Pada hari kedua, pasangan itu mengikuti rute di mana lalu lintas jam sibuk yang biasa dilewati banyak orang di jalan tol San Diego antara Los Angeles dan Orange County. Rute tersebut membuat mereka kembali ke Gardena setelah menempuh 598 km.

Baca juga: Generasi Kedua Toyota Mirai Masuk Kategori Listrik FCEV

“Perjalanan Toyota Mirai tanpa perlu mengisi bahan bakar menunjukkan kekuatan teknologi listrik sel bahan bakar. Teknologi ini dan kecerdikan desain oleh tim di Toyota menghasilkan momen yang membuat sejarah.” Papar Michael Empric.

Mirai mengkonsumsi 5,65 kg hidrogen dan tidak mengeluarkan CO2, Yang dikeluarkan Mirai hanyalah sedikit air yang bahkan bisa diminum walau tidak direkomendasikan. Ini sangat berbanding terbalik jika dindingkan dengan mobil standar, Toyota memperkirakan mesin pembakaran dalam akan mengeluarkan sekitar 301 kg CO2 dalam jarak yang sama.